Minggu, 29 September 2013

Membuat Cooling Pad Laptop

Banyak halangan, salah satunya karena laptop saya tidak mau hidup alias MATI TOTAL! Bahkan bios pun tak tampak. Penyebabnya? Yah, lihatlah judul artikel ini. Laptop saya ngadat, percaya tidak percaya, disebabkan (salah satunya) oleh kipas pendingin.
Ada beberapa fakta yang harus kita sadari tentang laptop, antara lain:
Laptop dibuat untuk tempat bekerja sedikit elite, ber-AC, bebas debu, jauh dari kesan kamar kos panas dan pengap.
Sebuah laptop telah dirancang dengan sistem sirkulasi udara. Fungsinya mengalirkan panas keluar dari mesin.
Sebagaimana alat elektronik lain, laptop sangat benci situasi panas.
Lalu, apa dosa dari sebuah cooler pad???
Hmm….
Sebenarnya ini kesalahan saya sendiri, mengapa dulu membeli kipas pendingin laptop yang murah. Jika anda berniat membelinya, pastikan bahwa udara yang disemburkan bukan mengarah ke atas, bukan meniup laptop.
Mengapa?
Sederhana saja. Laptop alami membuang udara panas keluar, biasanya kebawah atau kebelakang. Anda akan merasakan semburan udara panas di tempat-tempat itu. Pendingin yang baik akan menarik udara panas dari laptop dan bukan meniupnya dengan angin, meskipun akan menjadi dingin.
Pada laptop saya, kipas pendingin ternyata mengganggu aliran normal dari panas laptop, menyemburkan angin keatas, sehingga debu banyak menempel di papan sirkuit. Akibatnya VGA kepanasan, rusak, dan harus diganti.
Bagaimana mencegahnya?
Selalu pastikan aliran panas laptop. Jangan meletakkannya diatas kasur, karena kasur empuk akan menghambat sirkulasi. (rasakan kasur jadi hangat)
Ganjal bagian belakang laptop, agar panas bebas mengalir keluar.
Membeli pendingin yang baik (biasanya agak menguras kantong)



cooling pad yang beredar di pasaran saat ini sangat beragam model dan jenisnya, tapi sayang, dari banyak model yang beredar tidak ada 1 pun yang saya anggap efektif dalam menyalurkan udara segar ke kipas internal yang berada didalam laptop.
itu disebabkan karena posisi kipas pada cooling pad tidak sesuai dengan posisi kipas pendingin yang berada didalam laptop.
untuk itu mari kita buat cooling pad laptop dari komponen komputer bekas yang mungkin saja ada banyak di sekitar anda.
oke kita mulai…
pertama tama kita siapkan bahan dan peralatan kerja yang dibutuhkan :
1. power supply yang sudah rusak
2. ring binder yang sudah tidak dipakai
ring binder & power supply bekas
3. kabel usb printer.
kabel usb printer
4. peralatan lainnya seperti tang potong, isolasi, cutter dll
okay langkah berikutnya kita mulai merakit
pertama tama kita buka dulu power supply yang sudah rusak tadi. yang pasti meskipun powersupply nya sudah rusak tapi kipas pendinginnya pasti masih bagus
powerbsupply pc
kipas power supply
kemudian potong kabel kipas yang tersolder ke papan sirkuit power supply, lalu keluarkan kipas dari powersupply tersebut (catat kabel kipas dc tersebut berwarna hitam dan merah)
jangan lupa menyimpan baut penahan kipas karena akan kita gunakan sebentar.
potong kabel printer anda seperti gambar berikut
kabel usb printer yang sdh dpotong
setelah itu kupas kabel printer tersebut, perhatikan didalamnya ada 4 kabel, merah, hitam, hijau dan putih. potong kabel hijau dan putih tersebut karena kabel yang akan digunakan hanya kabel yang berwana merah dan hitam.
setelah itu sambung kabel printer tadi dengan kabel fan dari power supply sesuai warnanya, yang hitam sambung ke kabel hitam dan yang merah sambung ke kabel merah, seperti gambar berikut (jangan lupa kabel tadi di isolasi. ya berhubung isolasi listrik habis, untuk sementara isolasi kertas sudah cukup hehe)
isolasi
oke kita lanjut lagi ; kemudian buat pola lubang pada ring binder,
melobangi binder
nah jadi pertanyaan mengapa saya membuat lubang kipasnya di sudut kiri bagian atas? jawabnya untuk menyesuaikan dengan lubang ventilasi kipas internal dari laptop yang saya gunakan seperti gambar dibawah ini
posisi fan laptop
nah penempatan lubang kipas di cooling pad harus sesuai dengan lubang ventilasi kipas internal dari laptop anda yang berada dibawah laptop. ini agar sirkulasi udara dari bawah laptop anda pas dengan posisi kipas pada cooling pad. sudah kelihatan kan bedanya dengan kipas yang beredar dipasaran?…. heheh untuk apa pake kipas banyak banyak kalo tidak terpakai maksimal.. bikin habis listrik saja wkwkw…
oke kita lanjut lagi
setelah ring binder kita lubangi dengan menggunakan cutter, maka kipas siap sudah bisa kita pasang, ingat baut penahan kipas yang dari powersupply tadi akan sangat berguna disini untuk menahan posisi kipas pada binder seperti gambar berikut
fan terpasang
tampilan dalam binder kurang lebih seperti berikut
penampakan kabel dan kipas setelah dirangkai
nah sekarang kita sisa mencoba dan memasang laptop diatasnya.
kira kira tampilannya seperti ini
dpasang dibawah laptop

4 komentar:

  1. Sebelumnya saya mau tanya, ni punya saya kabel fannya kok berwarna hitam hijau dan kuning. jadi ga ada yang berwarna merah. apa yang harus saya pake ?
    Mohon bantuannya ya

    BalasHapus
  2. cba tes aj klo psangnya bner putaran fan searah dengan arah jam digital/kipas angin, ane rasa gitu x gan..

    BalasHapus
  3. mksd ane jm analog =)) Hűªªwªwkªwkªkªwkªª ě•ê•

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus