Sabtu, 30 November 2013

Buah Iblis / Setan

Buah Iblis / Setan One Piece
OnePieceLover.com - Buah Iblis / Setan / Devil Fruit (悪魔の実 Akuma no Mi) adalah buah misterius yang dapat memberikan pemakannya kekuatan aneh dan menarik tergantung pada buahnya. Buah Iblis adalah buah yang sangat langka apalagi di luar Grand Line. Dan jika di jual bisa mencapai lebih dari 100.000.000 Belli / Berry dan bahkan pemakan Buah Iblis di jual dengan harga yang sangat tinggi sebagai budak. Ada lebih dari 100 jenis buah iblis, baik yang di ketahui maupun belum. Rasa Buah Iblis sangat tidak enak, bahkan pemakannya seperti memakan racun. Dan Kekuatan Buah Iblis tidak langsung tampak setelah memakannya tetapi harus menunggu beberapa saat. Buah iblis terdiri dari bermacam-macam bentuk, ukuran warna tetapi memiliki motif melingkar seperti keong. Setelah buah iblis di makan maka sisanya akan menjadi tidak berguna dan busuk.
Asal usul Buah Iblis masih sangat misterius, ada yang mengatakan tumbuh di pohon misterius dan sangat langka (namun belum pernah terlihat sama sekali di dalam komik One Piece). Disebuah One Piece movie terlihat Buah Iblis muncul dari dasar laut.
Buah Iblis / Setan One Piece
Menurut Shanks (Saat Shanks berbicara kepada Buggy mengenai Buah Iblis)
Aku pernah mendengar bahwa semua Buah Iblis adalah perwujudan dari Iblis Laut. Jika kamu memakannya kau akan mendapat kekuatan spesial tetapi kau tidak akan bisa berenang
Menurut Oda, kekuatan buah iblis bisa muncul lebih dari 1 kali tetapi tidak pada masa yang sama. Efek Samping Laut akan menolak seorang pemakan buah iblis dengan kata lain mereka menjadi tak bisa berenang. Tidak hanya air laut tetapi juga semua jenis air. Tetapi air yang bergerak seperti hujan atau ombak tidak melemahkan pemakan buah iblis. Kekuatan buah iblis dapat di hilangkan dengan batu laut dan kekuatan Buah Yami-Yami miliki Kurohige. Penelitian Dokter Vegapunk, peneliti Angkatan Laut telah meneliti tentang efek dari Buah Iblis dan Batu laut. Dia juga telah menemukan alat yang dapat membuat benda mati mendapat kekuatan buah Iblis, seperti bazooka milik Mr. Four atau pedang milik Spandam. Tony Tony Chopper menemukan Rumble Ball, yang dapat mengacaukan gelombang buah iblis tipe Zoan.
Efek yang di terima oleh pengguna Buah Iblis jika memakan 2 Buah iblis adalah tubuh mereka akan hancur akibat dari Iblis dari kedua buah itu bertarung, dan mengakibatkan tubuh si pemakan akan hancur tanpa menyisahkan sisa sedikitpun (Kecuali Kurohige / Blackbeard, dikatakan dia memiliki bentuk tubuh yang berbeda)
Kelemahan
Batu Laut / Kairoseki adalah benda (kelihatannya sangat langka) yang dapat menghilangkan (sementara) kekuatan para pemilik kekuatan Buah Iblis jika batu laut melakukan kontak langsung. Dan dikatakan kalau batu laut lebih keras dari berlian. Biasanya batu laut ditemukan di borgol atau di penjara yang banyak digunakan oleh agen-agen Pemerintah Dunia.
Dikatakan oleh Kapten Smoker kalau batu laut punya kekuatan yang sama dengan air laut. Sehingga pemilik kekuatan yang menyentuhnya sama saja dilemparkan ke laut. Kekuatan Batu Laut didasarkan pada komposisi kepadatan dan bentuknya untuk menghilangkan kekuatan. Seperti borgol pada Nico Robin hanya bisa menghilangkan kekuatannya tetapi dia masih bisa berjalan. Juga ujung pedang pada senjata Smoker yang dipasangi batu laut tidak melemahkannya

Tipe Buah Iblis
Buah Iblis digolongkan menjadi 3 tipe :
1. Zoan (動物系(ゾオン)Dōbutsukei (Zōn)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Zoan membuat penggunanya dapat bertransformasi menjadi binatang. Wujud pengguna Zoan ada 3 bentuk : bentuk asli (biasanya manusia), bentuk binatang buah iblisnya dan bentuk gabungan hewan dan manusia.
Pada Chopper bentuk binatangnya adalah manusia karena dia memakan Buah Iblis Hito - Hito (manusia). Menurut penelitian Dokter Vegapunk, dapat menggabungkan Buah Iblis dengan benda mati, seperti pedang Spandam yang memiliki 3 bentuk, bentuk asli mereka, bentuk binatang, dan bentuk setengah benda mati itu dengan binatang. Chopper berhasil menemukan Rumble Ball yang dapat mengacaukan perubahan bentuk menjadi lebih banyak (Belum diketahui efeknya untuk tipe Zoan selain Chopper)
Tipe Zoan tidak hanya binatang - binatang umum saja, tapi juga binatang prasejarah atau kuno, dan juga makhluk mitologi kuno / Mythical  (Buah Iblis tipe Zoan kuno dan mitologi dikatakan lebih langka daripada Buah Iblis tipe Logia).
2. Logia (自然系(ロギア) Shizenkei (Rogia)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Logia membuat penggunanya mendapatkan kekuatan alam. Pengguna buah iblis tipe Logia mampu mengubah struktur tubuhnya menjadi kekuatan alam tersebut. Mereka dapat mengubah diri menjadi sebuah elemen (membuat mereka tidak berwujud atau tak bisa dhancurkan), saat menjadi elemen mereka bisa berpisah, bergabung lagi, dan mengontrol elemen tersebut. Buah Iblis tipe Logia dianggap paling kuat serta paling langka dari jenis Buah Iblis secara keseluruhan. Tapi yang lebih langka adalah tipe Zoan kelas Mythical (Binatang mitologi kuno).

Kata Pekoms setelah mengalahkan Caribou,
"Pengguna Logia yang berpikir mereka tak terkalahkan tidak akan berumur panjang"

Pengguna Buah Iblis tipe Logia tidak dapat diserang dengan kekuatan fisik secara umum, dari beberapa informasi Pengguna Logia dapat diserang dengan Haki, pengguna tipe Logia yang lain, pengguna Buah Iblis yang merupakan kelemahan tipe Logia (Luffy manusia karet melawan God Enel yang memiliki kekuatan listrik / petir, disini kekuatan listrik tidak berpengaruh terhadap Luffy karena karet merupakan isolator / penghantar), dan sesuatu yang merupakan kelemahan alami dari elemen alam tersebut (Crocodile yang akan melemah jika terkena air). Kenapa disebut terkuat karena pengguna Buah Iblis dengan tipe Logia memiliki kekuatan alam yang kuat dan lebih sulit diserang dibandingkan dengan pengguna Buah Iblis yang lain.

3. Paramecia (超人系(パラミシア)Chōjinkei (Paramishia)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Paramecia membuat penggunanya mendapatkan kemampuan fisik yang luar biasa / manusia super. Pengguna Buah Iblis tipe Paramecia umumnya masih memiliki bentuk fisik (padat), tidak seperti tipe Logia yang yang tidak berwujud sehingga tipe Paramecia mudah disentuh dan diserang. (Magellan termasuk tipe Paramecia karena dia hanya bisa mecnciptakan racun namun tubuh mereka tidak bisa berubah menjadi seperti kekuatan mereka, Buggy termasuk tipe Paramecia karena walaupun dapat memecah tubuhnya dan tidak mati tapi dia masih memiliki bentuk secara fisik). Jadi selain tipe Zoan dan tipe Logia, pengguna Buah Iblis tersebut digolongkan sebagai tipe Paramecia.
Pengguna Buah Iblis tipe Paramecia umumnya dapat merubah bentuk fisik mereka sesuai dengan Buah Iblis yang mereka makan tetapi tidak bisa menciptakannya (Luffy tidak bisa menghasilkan karet, hanya bentuk fisiknya yang berubah),  dan tipe Paramecia yang lain adalah dapat menciptakan sesuatu sesuai dengan Buah Iblis yang mereka makan tapi tidak dapat mengubah bentuk fisiknya menjadi kekuatannya tersebut (Mr. 3 bisa menghasilkan lilin, tetapi tidak bisa berubah menjadi lilin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar