Sabtu, 30 November 2013

Tipe Buah Iblis

Buah Iblis digolongkan menjadi 3 tipe :
1. Zoan (動物系(ゾオン)Dōbutsukei (Zōn)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Zoan membuat penggunanya dapat bertransformasi menjadi binatang. Wujud pengguna Zoan ada 3 bentuk : bentuk asli (biasanya manusia), bentuk binatang buah iblisnya dan bentuk gabungan hewan dan manusia.
Pada Chopper bentuk binatangnya adalah manusia karena dia memakan Buah Iblis Hito - Hito (manusia). Menurut penelitian Dokter Vegapunk, dapat menggabungkan Buah Iblis dengan benda mati, seperti pedang Spandam yang memiliki 3 bentuk, bentuk asli mereka, bentuk binatang, dan bentuk setengah benda mati itu dengan binatang. Chopper berhasil menemukan Rumble Ball yang dapat mengacaukan perubahan bentuk menjadi lebih banyak (Belum diketahui efeknya untuk tipe Zoan selain Chopper)
Tipe Zoan tidak hanya binatang - binatang umum saja, tapi juga binatang prasejarah atau kuno, dan juga makhluk mitologi kuno / Mythical  (Buah Iblis tipe Zoan kuno dan mitologi dikatakan lebih langka daripada Buah Iblis tipe Logia).
2. Logia (自然系(ロギア) Shizenkei (Rogia)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Logia membuat penggunanya mendapatkan kekuatan alam. Pengguna buah iblis tipe Logia mampu mengubah struktur tubuhnya menjadi kekuatan alam tersebut. Mereka dapat mengubah diri menjadi sebuah elemen (membuat mereka tidak berwujud atau tak bisa dhancurkan), saat menjadi elemen mereka bisa berpisah, bergabung lagi, dan mengontrol elemen tersebut. Buah Iblis tipe Logia dianggap paling kuat serta paling langka dari jenis Buah Iblis secara keseluruhan. Tapi yang lebih langka adalah tipe Zoan kelas Mythical (Binatang mitologi kuno).

Kata Pekoms setelah mengalahkan Caribou,
"Pengguna Logia yang berpikir mereka tak terkalahkan tidak akan berumur panjang"

Pengguna Buah Iblis tipe Logia tidak dapat diserang dengan kekuatan fisik secara umum, dari beberapa informasi Pengguna Logia dapat diserang dengan Haki, pengguna tipe Logia yang lain, pengguna Buah Iblis yang merupakan kelemahan tipe Logia (Luffy manusia karet melawan God Enel yang memiliki kekuatan listrik / petir, disini kekuatan listrik tidak berpengaruh terhadap Luffy karena karet merupakan isolator / penghantar), dan sesuatu yang merupakan kelemahan alami dari elemen alam tersebut (Crocodile yang akan melemah jika terkena air). Kenapa disebut terkuat karena pengguna Buah Iblis dengan tipe Logia memiliki kekuatan alam yang kuat dan lebih sulit diserang dibandingkan dengan pengguna Buah Iblis yang lain.

3. Paramecia (超人系(パラミシア)Chōjinkei (Paramishia)
Penguna Buah Iblis yang memiliki kemampuan tipe Paramecia membuat penggunanya mendapatkan kemampuan fisik yang luar biasa / manusia super. Pengguna Buah Iblis tipe Paramecia umumnya masih memiliki bentuk fisik (padat), tidak seperti tipe Logia yang yang tidak berwujud sehingga tipe Paramecia mudah disentuh dan diserang. (Magellan termasuk tipe Paramecia karena dia hanya bisa mecnciptakan racun namun tubuh mereka tidak bisa berubah menjadi seperti kekuatan mereka, Buggy termasuk tipe Paramecia karena walaupun dapat memecah tubuhnya dan tidak mati tapi dia masih memiliki bentuk secara fisik). Jadi selain tipe Zoan dan tipe Logia, pengguna Buah Iblis tersebut digolongkan sebagai tipe Paramecia.
Pengguna Buah Iblis tipe Paramecia umumnya dapat merubah bentuk fisik mereka sesuai dengan Buah Iblis yang mereka makan tetapi tidak bisa menciptakannya (Luffy tidak bisa menghasilkan karet, hanya bentuk fisiknya yang berubah),  dan tipe Paramecia yang lain adalah dapat menciptakan sesuatu sesuai dengan Buah Iblis yang mereka makan tapi tidak dapat mengubah bentuk fisiknya menjadi kekuatannya tersebut (Mr. 3 bisa menghasilkan lilin, tetapi tidak bisa berubah menjadi lilin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar