Sabtu, 30 November 2013

Sejarah Sendal



Sendal, sebuah hal yang keliatannya sepele, padahal sebenernya penting dan esensial. Makanya wajar kalo orang keilangan sendal pas sholat Jumat, karena memang sendal itu kedudukannya penting dalam hidup manusia, jadi gak heran kalo jadi rebutan. Tapi pernah gak kamu kepikiran jaman dulu waktu belom ada sendal, dimana orang-orang semuanya nyeker alias gak ada yang pake alas kaki, sampe ada satu orang yang mulai-mulain pake sendal, dan akhirnya semua orang pun pake sendal.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah orang yang mulain pertama kali pake sendal itu dulu dianggap aneh dan gila oleh orang-orang lain? Ataukah dia langsung dianggap keren dan langsung diikuti orang-orang?

Karena kami orangnya kritis (rambut kriting berkumis tipis), maka kami resah, gundah, gelisah, hingga mimpi basah gara-gara mikirin tentang asal muasal kemunculan sendal di muka bumi ini. Lalu kami pun merasa perlu untuk melakukan penelusuran yang cukup aduhai, demi memuaskan hasrat pengetahuan kami yang menggebu-gebu layaknya mesin gilingan tebu.

Sendal, atau yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut Sandal, berasal dari bahasa Yunani, yaitu sandalon. Menurut penelusuran sejarah, bentuk sendal tertua yang juga sekaligus alas kaki tertua pertama kali ditemukan itu umurnya lebih dari 10.000 tahun yang lalu di Fort Rock Cave, Amerika Serikat. Tapi ini juga masih jadi perdebatan, soalnya sendal yang ini udah keliatan modern dibandingin sama sendal yang ada pada jaman Mesir kuno. Di jaman Mesir kuno, orang-orang pake sendal yang terbuat dari daun papirus, bahkan sendal papirus ini adalah dresscodewajib buat pendeta-pendeta Mesir kuno. Kalo gak percaya liat aja relief-relief, atau patung-patung yang dibuat jaman Mesir kuno, pasti di kakinya ada pake sendal.

Nah, kalo soal siapa orang yang pertama kali make sendal itu masih jadi misteri sampe sekarang, padahal itu orangnya kalo ketauan menurut kami layak banget jadi pahlawan. Bayangin coba kalo dia gak kepikiran pake sendal, gak mungkin ada yang namanya sepatu, dan mungkin kaki kita udah gak karuan bentuknya sekarang, antara cantengan dan borokan gara-gara gak pake alas kaki dari kecil.

Kalo menurut analisa kami sih, alasan orang pertama kali bikin sendal itu mungkin karena jaman dahulu terutama ketika masa beternak dan berburu, orang-orang pada kesel gara-gara kalo kemana-mana nginjek kotoran hewan mulu, kan jaman dulu hewan-hewan masih berkeliaran bebas tuh, gak kaya sekarang yang anjing aja bisa diajarin buat pup di wc, jaman dulu mana bisa. Nah, karena kesel dan bosen dikit-dikit nginjek tai, mulai deh mereka muter otak gimana caranya biar gak nginjek tai lagi. Akhirnya terciptalah sendal, dan mereka hidup bahagia selamanya karena terbebas dari nginjek tai hewan. Ya ini menurut analisa kami sih, kalo gak suka putusin aja, daripada dipaksain jalan terus, bakalan jadi hubungan yang gak sehat. Kwuk!

Tapi emang sendal ini emang bukan hal sembarangan lho, penuh nilai filosofis. Sebagai landasan dasar pijakan orang, atau dengan kata lain sebagai lapisan terakhir yang kita injak sebelum bersentuhan langsung dengan bumi, sendal seolah menjadi cermin bahwa jarak kita untuk kembali ke bumi (baca: meninggal) sangatlah tipis, setipis sol karet sendal yang kita injek. Makanya gak heran kalo jaman Yunani kuno dulu, sendal adalah perlambang seseorang merupakan filusuf.

Jenis-jenis sendal pun juga bervariasi banget, mulai dari yang bentuknya selop tinggal selipin kaki doang, sampe ke yang modelnya banyak tali kaya sendal gunung atau sendal gladiator. Kalo sendal kesukaan kami sih ya jelas sendal jepit, soalnya menurut kami segala sesuatu yang dijepit itu enak, apalagi dijepit  . . . .  (silakan isi sendiri sesuai imajinasi). Bahkan selain dipake buat alas kaki, sendal juga bisa dipake buat kegunaan lain lho, misalnya buat nimpuk orang. Kwuk!

Nih kami siapin beberapa gambar jenis-jenis sendal yang unik:

  1. Sendal Sholat Jumat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar